Cara Menghapus File System Volume Information Dan Recycle Secara Permanent

Bagaimanh cara menghapus file system volume information dan recycle.bin di computer windows 10, mungkin pada masalah tersebut bisa dibilang sebagai virus system yang bisa ikut terinfeksi karena flashdisk atau harddisk eksternal yang terdapat virus tersebut kemudian dihubungkan ke computer, maka komputer tersebut akan juga terkena virus tersebut.

Di artikel ini saya akan membahas bagaimanah cara menghapus virus tersebut di computer kalian masing-masing. Untuk tutorial kali ini saya akan menggunakan sebuah computer dengan system operasi Windows 10, mungkin untuk kalian yang menggunakan OS dengan berbeda bisa di lakukan, apakah sama dengan windows 10 dengan windows yang kalian pakai.

Saya akan memberikan beberapa cara untuk menghapus virus system volume information dan recycle.bin, tidak hanya satu cara melainkan lebih. Jadi jika tidak bisa dilakukan di OS kalian, kalian bisa menggunakan cara lain yang bisa kalian coba dengan cara yang kami sediakan untuk anda lakukan, atau jika tidak work bisa dicoba dengan cara lain.



Untuk beberapa sebagian orang memang sudah tidak asing lagi dengan folder Recycler yang bernamakan Recycle.bin dan folder system yang bernamakan System Volume Information. Sebagian orang menganggap bahwa folder tersebut adalah sebuah file yang dihasilkan dari virus. Folder ini terhidden atau tersembunyi dan jika di hapus akan muncul kembali, bisa dibilang sangat mustahil untuk menghapus file tersebut secara permanent.

Folder Recycle ini berbeda dengan Recycle Bin yang ada pada desktop komputer kalian, kalau  Recycle Bin pada umunya adalah sebuah tempat sempah, dimanah perkumpulan file atau folder yang kalian hapus akan berkumpul di RecycleBin dan bisa di Restore atau di kembalikan, tidak jadi di hapus.

Biasanya pada masalah ini akan terdapat dua folder yang dibilang virus yaitu Recycler dan System Volume Information. Biasanya dimanah ada Folder Recycle pasti juga ada file System Volume Information. Bisa dibilang bahwa folder System Volume Information merupakan hidden system folder yang sengaja disembunyikan oleh System Windows. Untuk tempat informasi dan restore point yang dilakukan oleh System Restore, jadi sering digunakan sebagai perkumpulan nya virus.



Jika di komputer anda terdapat ada dua folder ini, ada beberapa cara untuk menghapus nya. Untuk menghapus folder recycle ini salah satunya menggunakan perintah di cmd atau (Command Prompt). Tetapi di artikel ini tidak akan hanya membahas dengan cara cmd, bahkan lebih.



Cara Dan Langkah Menghapus File System Volume Information Dan Recycle.Bin


 

Menggunakan Program CMD .BAT

Langkah 1: Buka Notepad.exe
Langkah 2: Pastekan kode atau script program di bawah ini kedalam notepad

 
cacls "System Volume Information" /t /e /c /p everyone:f
cacls recycler /t /e /c /p everyone:f
cacls recycled /t /e /c /p everyone:f
cacls "$RECYCLE.BIN" /t /e /c /p everyone:f
cacls autorun.inf /t /e /c /p everyone:f
cacls "autorun.inf" /t /e /c /p everyone:f
pause
rd /s /q "System Volume Information"
rd /s /q recycler
rd /s /q recycled
rd /s /q "$RECYCLE.BIN"
rd /s /q "autorun.inf"
del autorun.inf
pause
md recycled
md recycler
md "System Volume Information"
md "$RECYCLE.BIN"
md "autorun.inf"
pause
attrib.exe recycled +s +r +h
pause
attrib.exe recycler +s +r +h
pause
attrib.exe "System Volume Information" +s +r +h
pause
attrib.exe "$RECYCLE.BIN" +s +r +h
attrib.exe "autorun.inf" +s +r +h

cacls recycler /t /e /c /p everyone:r
pause
cacls recycled /t /e /c /p everyone:r
pause
cacls "System Volume Information" /t /e /c /p everyone:r
pause
cacls "$RECYCLE.BIN" /t /e /c /p everyone:r
cacls "autorun.inf" /t /e /c /p everyone:r



Langkah 3: Kemudian Save dengan extensi nama .bat, Contoh (penghapusvirus.bat) dan ganti Save as type yang tadi nya .txt menjadi All Files

Langkah 4: Save Di Drive dimanah terdapat file virus tersebut berada, kemudian buka file tersebut. Otomatis file tersebut akan terhapus.


Bagaimanah apakah cara tersebut berhasil atau tidak, jika tidak mari kita gunakan cara lain, dibawah ini masih banyak sekali cara cara menghapus file terswbut.



Lakukan Restore Windows

Pada tahap ini saya menyarankan menghapus habis atau memformat isi dari hardisk kalian. Tahap restore adalah salah satu jalan terbaik untuk menghapus permanent file virus tersebut. Cara ini sangat aman untuk komputer kalian, dengan menghapus seluruh data pada harddisk, maka file virus tersebut akan ikut terhapus secara permanent. Cara ini berbeda dengan menginstall ulang Windows, cara ini lebih aman untuk mengamankan beberapa file pribadi yang menurut kalian penting.

Untuk langkah restore sangat mudah, tidak seperti menginstall windows dengan secara ulang, akan memakan waktu banyak, seperti memerlukan sebuah bootable yang berisikan data data windows yang ingin di install ke komputer. Cara restore windows sebelum nya sudah kami bahas pada artikel lain, silahkan baca:  Tutorial Lengkap Cara Reset Windows 10 Menjadi Seperti Baru



Setting Protect Operation System Files

Tahap terakhir ini bisa dibilang sangat ampuh untuk menghilangkan file virus seperti System Volume Information dan Recycle.Bin. Walaupun ini bisa dibilang tidak permanent tetapi sangat ampuh jika kalian tidak ingin terganggu oleh file virus tersebut. Tahap ini hanya perlu beberapa penyettingan pada File Explorer.

Langkah 1: Buka File Explorer
Langkah 2: Pada Tab View terdapat sebuah Options klik opsi tersebut, kemudian pilih Change Folder And Search Options
Langkah 3: Akan muncul windows baru yaitu File Options, klik pada Tab View akan terdapat banyak sekali settingan file, pada file Hidden file and folder klik Don't show hidden files, folders, or drives. 
Langkah 4: Ceklis pada opsi Hide protected operating system files (Recomended)
Langkah 5: Kemudian Apply untuk meenyimpan settingan tersebut.









Bagaimanah apakah sudah berhasil untuk menghapus file virus tersebut ? Memang beberapa cara di atas merupakan cara menghapus file virus dengan tidak permanent alias bisa saja muncul kembali kapan sajah. Namun ada beberapa yang sangat saya rekomendasikan jika kalian memang benar-benar terganggu oleh file virus tersebut, dan ingin menghilangkan file tersebut secara permanent. Cara nya yaitu dengan install ulang windows, jika memang ingin menghapus secara permanent salah satu cara ya menginstall ulang windows kalian.

Namun langkah tersebut akan berdampak pada file atau folder penting kalian akan ikut terhapus habis semua nya. Sebelum melakukan install ulang pada komputer kalian alangkah baiknya membackup seluruh data dan file folder yang menurut kalian penting.

Jika kalian tidak mau kehilangan data penting, sebaik nya kalian lakukan tahap Restore, yang membuat komputer kalian menjadi seperti baru, alias semua data data dan file akan terhapus habis. Kecuali pada file system yang akan masih ada pada komputer kalian, untuk cara nya sudah saya bahas di artikel lain bisa baca artikel nya di: Tutorial Lengkap Cara Reset Windows 10 Menjadi Seperti Baru.

Sekian dulu kami tutup pembahasan mengenai bagaiamanh cara menghapus file virus System Volume Information dan Recycle.Bin pada komputer kalian. Mudah-mudahhan cara di atas berguna untuk kita dan terutama saya pribadi, semoga bermanfaat.

Berlangganan update gratis terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus File System Volume Information Dan Recycle Secara Permanent"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel